cari

Senin, 19 Juli 2010

Ulang Tahun

Hari ini salah satu sahabat saya berulang tahun, ke-23. Mungkin di hari ini pula jutaan manusia lainnya di seantero jagat juga berulang tahun. Tidak masalah ulang tahun yang ke berapa, pokoknya berulang tahun. Kadang saya penasaran, apa yang orang lain rasakan ketika sedang berulang tahun. Apa sama rasanya ketika saya berulang tahun? Apa mereka memikirkan hal yang sama dengan yang saya pikirkan ketika berulang tahun?

Kalau pengertian ulang tahun menurut Anda adalah meniup lilin dan memotong kue, berarti sejatinya saya tidak pernah berulang tahun. Terus terang saya tidak pernah merayakan ulang tahun yang seperti itu. Pernah sih, beberapa kali, itu pun karena teman-teman di kantor yang menyiapkannya untuk saya. Kalau pengertian ulang tahun menurut Anda adalah menerima kado dan hadiah dari orang lain, maka sejatinya saya pun jarang merayakan ulang tahun. Pernah sih beberapa kali menerima kado, bahkan sampai ulang tahun terakhir saya kemarin, cuma saya tidak menganggap itu sebagai esensi dari ulang tahun.
Tapi kalau pengertian ulang tahun menurut Anda adalah bertambahnya umur, berkurangnya usia dan bertambahnya kebijaksanaan, maka saya sangat setuju.

Hampir setiap mendekati tanggal ulang tahun saya, saya merasa deg-degan. Deg-degan, kira-kira ada kejadian apa di saat saya ulang tahun. deg-degan pula bahwa ternyata jatah saya di tahun itu telah berkurang. Deg-degan, apa orang-orang di sekeliling saya ingat dengan hari lahir saya, meski tanpa publish di situs jejaring sosial. Deg-degan apa ibu saya sendiri ingat dengan hari lahir saya--mengingat ibu saya selalu lupa dengan tanggal lahirnya sendiri. Deg-degan apa keluarga saya mengingat tanggal ulang tahun saya, dst dst. Mendekati hari ulang tahun bagi saya sama dengan was was.

Menurut satu kata bijak : tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan. Setiap orang pasti mengalami penambahan umur (baca: menua), pasti. Tetapi tidak semua orang memilih untuk belajar dewasa. Ya, ulang tahun bagi saya pada hakikatnya adalah penambahan umur dan pengurangan usia--saya tidak tahu apakah pemakaian kata umur dan usia ini sudah tepat atau terbalik. Saat berulang tahun itulah saat saya buat mereview proses hidup saya selama satu tahun terakhir. Target apa yang telah saya capai, hal-hal apa saja yang telah saya lakukan dan apa yang sudah saya peroleh dan kumpulkan selama itu. Ya, meski review saya selalu mengalami kerugian (baca: selalu mengecewakan) setidak-tidaknya saya sudah berusaha untuk mengevaluasi hidup saya sendiri. Tentu saja dengan harapan di tahun depan bisa tercapai dan bisa lebih baik.

Itu makna ulang tahun bagi saya, meski penuh dengan dag dig dug. Dan lewat tulisan ini, saya ingin mengatakan kepada sahabat saya yang berulang tahun itu, mudah-mudahan di usia yang ke 23 ini bisa membuatmu menjadi lebih baik, bukan pengulangannya, tapi pengurangannya. Karena sejatinya berulang tahun adalah berkurangnya jatah usia...
Semoga kehidupan kita semua bisa menjadi lebih baik, amin ..

Kabel E7/16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar